Sebab Radiator Mobil Cepat Panas. Radiator
merupakan komponen utama dalam system pendinginan ,sehingga suhu mesin tetap terjaga
dan tidak overheating. Dan adakalanya radiator pun bias bermasalah ,dan ada berbagai
penyebab yang membuat radiator menjadi panas, misalnya :
• Air
pendingin bocor (radiator,selang,pompadll)
• Kipas pendingin
tidak bekerja( arus tidak ada, motor rusak)
• Air tidak
bias bersirkulasi( saluran tersumbat, thermostat macet)
1. Jika air pendinginan kurang atau bahkan habis penyebab pastinya adalah kebocoran
dalam system pendingin, bisa dari radiator,reservoir,tutup radiator, selang radiator, pompa air,
ataubahkan water inlet atausaluran yang masukkedalammesinsudahkeropos,
sehinggajumlah air tidakcukupuntukmendinginkanmesindanbisa di pastikan
temperature mesinakannaik, bahayajika di teruskanberjalan.
2. Sistem yang digunakan untuk mendinginkan air mengalami masalah, disini komponen
utamanya adalah kipas pendingin yang digunakan untuk menyerap panas dari
radiator tidak mau bekerja.Padamobil yang menggunakan kipas pendingin mengikuti putaran mesin,
kondisi ini jarang terjadi karena kipas akan terus bekerja secara manual
contohnyaKijang, Innova, Fortuner dll.
Biasanyakasusiniterjadipadamobildengankipaselektrikcontoh Avanza.
Kipaspendingin type iniakanbekerjajikatemperaturmesin di anggappanasada yang di
kontrolmenggunakankomputeruntuk yang kendaraanbaruataumenggunakan transistor
untukkendaraan lama, jadialursederhananyasuhumesinakan di deteksioleh water
temperature sensor ketikasuhu di anggappanas, aruslistrikakan di alirkanmenuju
motor kipasdanberputar, beberapamasalah yang seringmembuatkipas type
initidakbekerjaadalah :
•
Sensor temperaturrusak, jaditidakbisamemberikan info bawahmesinpanas.
•
Aruslistrikterputus, bisakarena fuse putus, atauadajalur yang putus.
•
Motor sudahaus,
kumparanmengalamikerusakandantidakmauberputarmeskipunadaaruslistrik.
3. Tidakbersirkulasinya air pendingindenganbaik, bisajadikarenaadaudara di
dalam air , ataukarenasaluranbuntu,
seperti yang terjadi di dalammobilKijang EFI LGX air tidakbersirkulasikarena
thermostat nyamengalamimacetmenutup, thermostat
iniberfungsiadalahmempertahankansuhumesin agar
tetapstabilcarakerjanyasepertiinimisalkondisi normal mesin yang di
harapkanadalah 80° C, ketikasuhumesinmasih 60°C thermostat akanmenutupsaluran
air yang masukke radiator danmempertahankan air bersirkulasi di dalam water
jacket (saluran air di dalamblokmesin) agar suhumesincepattercapai,
ketikasuhumesinsudahtercapaidanmencegahterlalupanas thermostat
akanmembukadanmengeluarkan air daridalammesinke radiator untuk di
dinginkanjadisepertiitusiklusnya.
No comments:
Post a Comment