Monday, September 16, 2019

Apa Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas?


 
 
Sebab Radiator Mobil Cepat Panas. Radiator merupakan komponen utama dalam system pendinginan ,sehingga suhu mesin tetap terjaga dan tidak overheating. Dan adakalanya radiator pun bias bermasalah ,dan ada berbagai penyebab yang membuat radiator menjadi panas, misalnya :

       Air pendingin bocor (radiator,selang,pompadll)

       Kipas pendingin tidak bekerja( arus tidak ada, motor rusak)

       Air tidak bias bersirkulasi( saluran tersumbat, thermostat macet)

1.    Jika air pendinginan kurang atau bahkan habis penyebab pastinya adalah kebocoran dalam system pendingin, bisa dari radiator,reservoir,tutup radiator, selang radiator, pompa air, ataubahkan water inlet atausaluran yang masukkedalammesinsudahkeropos, sehinggajumlah air tidakcukupuntukmendinginkanmesindanbisa di pastikan temperature mesinakannaik, bahayajika di teruskanberjalan.

2.    Sistem yang digunakan untuk mendinginkan air mengalami masalah, disini komponen utamanya adalah kipas pendingin yang digunakan untuk menyerap panas dari radiator tidak mau bekerja.Padamobil yang menggunakan kipas pendingin mengikuti putaran mesin, kondisi ini jarang terjadi karena kipas akan terus bekerja secara manual contohnyaKijang, Innova, Fortuner dll. Biasanyakasusiniterjadipadamobildengankipaselektrikcontoh Avanza. Kipaspendingin type iniakanbekerjajikatemperaturmesin di anggappanasada yang di kontrolmenggunakankomputeruntuk yang kendaraanbaruataumenggunakan transistor untukkendaraan lama, jadialursederhananyasuhumesinakan di deteksioleh water temperature sensor ketikasuhu di anggappanas, aruslistrikakan di alirkanmenuju motor kipasdanberputar, beberapamasalah yang seringmembuatkipas type initidakbekerjaadalah :

                  Sensor temperaturrusak, jaditidakbisamemberikan info bawahmesinpanas.

                  Aruslistrikterputus, bisakarena fuse putus, atauadajalur yang putus.

                  Motor sudahaus, kumparanmengalamikerusakandantidakmauberputarmeskipunadaaruslistrik.

3.    Tidakbersirkulasinya air pendingindenganbaik, bisajadikarenaadaudara di dalam air , ataukarenasaluranbuntu, seperti yang terjadi di dalammobilKijang EFI LGX air tidakbersirkulasikarena thermostat nyamengalamimacetmenutup, thermostat iniberfungsiadalahmempertahankansuhumesin agar tetapstabilcarakerjanyasepertiinimisalkondisi normal mesin yang di harapkanadalah 80° C, ketikasuhumesinmasih 60°C thermostat akanmenutupsaluran air yang masukke radiator danmempertahankan air bersirkulasi di dalam water jacket (saluran air di dalamblokmesin) agar suhumesincepattercapai, ketikasuhumesinsudahtercapaidanmencegahterlalupanas thermostat akanmembukadanmengeluarkan air daridalammesinke radiator untuk di dinginkanjadisepertiitusiklusnya.

No comments:

Post a Comment