penyebab kipas radiator
mobil lemah. Hal
ini merupakan sesuatu yang penting , khususnya mereka yang
akan melakukan perjalanan jauh , seperti keluar kota , atau mudik agar selalu mengecek kondisi mobilnya
agar selalu terjaga dan “sehat”, salah satunya adalah kipas radiator .
Meski kipas radiator
dari waktu waktu selalu berubah ubah penggeraknya ,tetapi masalahnya tetap sama ,
misalnya kipas radiator berbunyi berisik , putaran kipas terasa lemah , bahkan ada
yang tidak berputar. Nah ,kalau sudah seperti ini , jadinya kan ribet? Karena itu
,kita disini akan membahas beberapa Gejala dan bagaimana cara mendeteksinya :
*. Gejala & Akibat Kipas
Radiator Lemah
Saat kipas radiator lemah, maka hembusan angin pada kipas
juga akan melemah dan ini akan menimbulkan beberapa efek seperti:
1.
Pada
Mesin Overheat
Overheating terjadi karena sistem pendinginan mesin tidak
mampu mengurangi suhu mesin yang semakin meningkat. Salah satu penyebabnya
karena hembusan kipas yang lemah ini akan membuat proses pendinginan pada
radiator akan semakin lama. Sehingga pendinginan juga akan semakin lama,
sementara itu suhu mesin terus meningkat saat mesin hidup, hasilnya ada satu
titik dimana mesin akan overheat.
2.
Pada
Mesin Ngelitik
Mesin ngelitik ialah kondisi dimana ada bunyi ketukan
saat mesin hidup. Dalam bahasa teknik ini disebut dengan engine knocking.
Engine knocking terjadi karena ada pre-ignition dan pre-ignition ini terjadi
salah satunya karena suhu mesin terlalu tinggi. Suhu mesin terlalu tinggi memicu
terjadinya pembakaran dini sehingga akan menimbulkan suara ketukan atau
ngelitik.
3.
Ac
Kurang Dingin
Kipas radiator juga menjadi kipas untuk mendinginkan
kondensor Ac. Cepa lambatnya hembusan pada kipas radiator akan mempengaruhi
suhu freon setelah didinginkan. Apabila hembusan kipas lemah, maka otomatis
pendinginanb freon pun kurang maksimal. Otomatis hembusan Ac juga tidak terasa
dingin meski suhu selektor Ac telah kita set paling dingin.
*. Cara
mendeteksikipas Radiator yang lemah
Apabila kondisi ini tidak
terdeteksi, maka mesin mobil kalian akan mengalami overheat dimana piston bisa
terkunci didalam silinder karena pemuaian piston melebihi diameter silinder.
Untuk menghindari hal itu kita harus melakukan pendeteksian sejak dini.
Langkah ini bisa kalian lakukan
ketika kalian memutuskan untuk melakukan perjalan jauh dengan menggunakan mobil
misalnya ke luar kota.
·
Keluar dari mobil dan
buka kap mesin
·
Pada kondisi ini
kipas pendingin aka hidup dalam interval tertentu “kipas tidak selalu hidup”
dan hembusan kipas juga tidak terlalu besar
·
Lalu putar selektor
suhu Ac ke paling dingin dan kembali amati kinerja kipas
·
Putaran kipas
berlangsung lebih lama dan putarannya cepat “hembusan angin cukup besar”.penyebab
kipas radiator mobil lemah
No comments:
Post a Comment