penyebab mobil injeksi keluar asap hitam.Ngebul adalah istilah yang ditujukan pada
mobil yang mengeluarkan asap dari knalpotnya. Memang, mobil menghasilkan emisi
berupa gas buang tapi gas buang yang normal pada mobil itu tidak berwarna. Jika
gas buang pada knalpot mobil sudah mulai berwarna pekat maka ada yang tidak
beres pada pembakaran mesin. Karenaitu
,kita akan bahas beberapa penyebabnya dan bagaimana solusinya.
Penyebab Asap Hitam Dari Knalpot Mobil
1. SetelanBahan Bakar terlalu Kaya
Campuran yang terlalu kaya menyebabkan adanya
bensin yang tidak bercampur dengan molekul udara, sehingga ketika busi menyala
bensin tersebut bisa tidak terbakar atau terbakar secara bertahap dan tidak spontan.
Inilah yang membuat asap kendaraan terasa bau bensin bahkan terasa pedih
dimata. Jika terlalu banyak bensin yang terbakar pada ruang bakar maka
akibatnya asap kendaran akan jauh lebih pekat
Untuk
mengatasi hal ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan
antara lain ;
·
Jika
masalah ngebul hitam ini terjadi saat RPM langsam atau idle, maka itu
disebabkan setelan idle air mixture yang kurang tepat. Solusinya kita perlu
melakukan penyetelan dengan memutar sekrup ini kearah kiri atau kanan hingga
ditemui hasil yang ideal.
·
Cek
katup choke, jika masih tertutup akan membuat campuran bensin terlalu kaya
·
Jika
masalah ngebul ini terjadi saat RPM tinggi atau RPM sedang bisa saja
diakibatkan adanya kerusakan dibagian main jet didalam karburator. Main jet ini
terletak didalam karbu makakita harus mengganti satu
unit karburator untuk menghilangkan masalah ini.
·
Jika
kebul hitam hanya muncul saat mobil menanjak atau membawa beban berat, maka itu
akibat dari sistem power pada karburator yang akan menyuplai bensin lebih
banyak sehingga membuat AFM lebih kaya. Untuk masalah ini normal.
.2. Kerusakan Sistem Injeksi
Masalah
yang inisebenarnya sama-sama terkait
rasio AFM. Namun, pencampuran bahan bakar pada mesin EFI tidak terjadi pada
karburator, sesuai namanya mesin injeksi memakai injektor untuk menginjeksikan
atau mengeluarkan sejumlah bensin kedalam intake manifold. Sehingga percampuran
bensin dan udara terjadi langsung pada intake sebelum masuk keruang bakar.
Bagaimana cara mengetahui jika ada kerusakan
sistem EFI ?
Ketikaadakerusakanpada
sensor / injector ,lampu check engine akanmenyala. Nah jikakitascan
,akanmenunjukkanbahwaletak sensor yang mengalamikerusakan.
Tetapiperludiingatjikakitaharusmempunyaalatscan
,karenajikakitatidakpunyaalatini , justruakanmenjadiribet.
Karenaitulahadabaiknyakitasegeramembawamobilkitakebengkelresmiuntukdilakukan
check-up
3. IAC Bermasalah / Macet
Katup ini akan mengatur
udara yang melewati saluran idle didalam throtle body. Jadi mekanismenya ketika
katup gas tertutup, maka udara mengalir melewati idle port dan langsung menuju
intake manifold. Tapi sebelum keluar ke intake ada sebuah katup yang mengatur
besar kecilnya saluran idle ini.
Jika katup membuka penuh maka saluran akan terbuka
lebar hasilnya banyak udara yang masuk ke intake, tapi jika katup ini terbuka
sedikit maka saluran idle akan lebih sempit sehingga pasokan udara akan
tertahan.
Jika pasokan udara tertahan, sementara bensin tetap
disuplai dengan volume yang sama maka ini akan menyebabkan campuran yang kaya
sehingga berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang pekat. Umumnya jika
masalah ini muncul, ada gejala mesin lain yang mengikuti seperti mesin yang
susah start bahkan tiba-tiba mati ketika kecepatan idle.
Solusinya, kitaperlu
membuka IAC yang terletak pada throtle body. Kemudian bersihkan katup ini dan
bersihkan pula saluran idle memakai karbu cleraner, cairan ini akan
menghilangkan kerak dan kotoran pada dua komponen ini dengan cepat.
4. Filter Udara Kotor
Fungsi filter adalah untuk membersihkan
udara dari kotoran, jangan sampai justru mengotori udara ke intake dan
menghambat aliran udara intake.
Filter
menyaring kotoran melalui element yang terbuat dari kertas kering. Jika
permukaan kertas ini sudah dipenuhi oleh debu dan kotoran maka bisa saja
kotoran tersebut terbawa aliran udara ke arah intake sehingga akan menyumbat
beberapa saluran penting.
Memang
filter tidak secara langsung membuat asap mobil jadi lebih hitam tapi beberapa
penyebab diatas banyak yang diawali dari kondisi filter udara yang tidak
dibersihkan, contohnya pada sensor MAF, IAT dan MAP yang terletak disepanjang
selang induksi udara. Debu atau kotoran yang menempel pada permukaan sensor
jelas akan mempengaruhi akurasi pembacaan sensor.
Solusi
dari masalah ini sekaligus pencegahan dari kerusakan sistem injeksi pada mesin,
yakni dengan melakukan tune up mesin secara rutin. Yang paling penting, jaga
kebersihan filter udara secara berkala dan jika kondisi filter sudah tidak
memungkinkan untuk dibersihkan maka kita harus
menggantinya dengan yang baru.
No comments:
Post a Comment