Monday, September 16, 2019

Mobil Keluar Asap Hitam, Ini 4 Penyebab + Solusinya



penyebab mobil injeksi keluar asap hitam.Ngebul adalah istilah yang ditujukan pada mobil yang mengeluarkan asap dari knalpotnya. Memang, mobil menghasilkan emisi berupa gas buang tapi gas buang yang normal pada mobil itu tidak berwarna. Jika gas buang pada knalpot mobil sudah mulai berwarna pekat maka ada yang tidak beres pada pembakaran mesin. Karenaitu ,kita akan bahas beberapa penyebabnya dan bagaimana solusinya.

Penyebab Asap Hitam Dari Knalpot Mobil

           1.  SetelanBahan Bakar terlalu Kaya

               Campuran yang terlalu kaya menyebabkan adanya bensin yang tidak bercampur dengan molekul udara, sehingga ketika busi menyala bensin tersebut bisa tidak terbakar atau terbakar secara bertahap dan tidak spontan. Inilah yang membuat asap kendaraan terasa bau bensin bahkan terasa pedih dimata. Jika terlalu banyak bensin yang terbakar pada ruang bakar maka akibatnya asap kendaran akan jauh lebih pekat

               Untuk mengatasi hal ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain ;

·         Jika  masalah ngebul hitam ini terjadi saat RPM langsam atau idle, maka itu disebabkan setelan idle air mixture yang kurang tepat. Solusinya kita perlu melakukan penyetelan dengan memutar sekrup ini kearah kiri atau kanan hingga ditemui hasil yang ideal.

·         Cek katup choke, jika masih tertutup akan membuat campuran bensin terlalu kaya

·         Jika masalah ngebul ini terjadi saat RPM tinggi atau RPM sedang bisa saja diakibatkan adanya kerusakan dibagian main jet didalam karburator. Main jet ini terletak didalam karbu makakita harus mengganti satu unit karburator untuk menghilangkan masalah ini.

·         Jika kebul hitam hanya muncul saat mobil menanjak atau membawa beban berat, maka itu akibat dari sistem power pada karburator yang akan menyuplai bensin lebih banyak sehingga membuat AFM lebih kaya. Untuk masalah ini normal.

.2.  Kerusakan Sistem Injeksi

              Masalah yang inisebenarnya sama-sama terkait rasio AFM. Namun, pencampuran bahan bakar pada mesin EFI tidak terjadi pada karburator, sesuai namanya mesin injeksi memakai injektor untuk menginjeksikan atau mengeluarkan sejumlah bensin kedalam intake manifold. Sehingga percampuran bensin dan udara terjadi langsung pada intake sebelum masuk keruang bakar.
               Bagaimana cara mengetahui jika ada kerusakan sistem EFI ?
              Ketikaadakerusakanpada sensor / injector ,lampu check engine akanmenyala. Nah jikakitascan ,akanmenunjukkanbahwaletak sensor yang mengalamikerusakan. Tetapiperludiingatjikakitaharusmempunyaalatscan ,karenajikakitatidakpunyaalatini , justruakanmenjadiribet. Karenaitulahadabaiknyakitasegeramembawamobilkitakebengkelresmiuntukdilakukan check-up

3.  IAC Bermasalah / Macet

               Katup ini akan mengatur udara yang melewati saluran idle didalam throtle body. Jadi mekanismenya ketika katup gas tertutup, maka udara mengalir melewati idle port dan langsung menuju intake manifold. Tapi sebelum keluar ke intake ada sebuah katup yang mengatur besar kecilnya saluran idle ini.

               Jika katup membuka penuh maka saluran akan terbuka lebar hasilnya banyak udara yang masuk ke intake, tapi jika katup ini terbuka sedikit maka saluran idle akan lebih sempit sehingga pasokan udara akan tertahan.

               Jika pasokan udara tertahan, sementara bensin tetap disuplai dengan volume yang sama maka ini akan menyebabkan campuran yang kaya sehingga berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang pekat. Umumnya jika masalah ini muncul, ada gejala mesin lain yang mengikuti seperti mesin yang susah start bahkan tiba-tiba mati ketika kecepatan idle.

               Solusinya, kitaperlu membuka IAC yang terletak pada throtle body. Kemudian bersihkan katup ini dan bersihkan pula saluran idle memakai karbu cleraner, cairan ini akan menghilangkan kerak dan kotoran pada dua komponen ini dengan cepat.


4.  Filter Udara Kotor
               Fungsi filter adalah untuk membersihkan udara dari kotoran, jangan sampai justru mengotori udara ke intake dan menghambat aliran udara intake.

      Filter menyaring kotoran melalui element yang terbuat dari kertas kering. Jika permukaan kertas ini sudah dipenuhi oleh debu dan kotoran maka bisa saja kotoran tersebut terbawa aliran udara ke arah intake sehingga akan menyumbat beberapa saluran penting.

      Memang filter tidak secara langsung membuat asap mobil jadi lebih hitam tapi beberapa penyebab diatas banyak yang diawali dari kondisi filter udara yang tidak dibersihkan, contohnya pada sensor MAF, IAT dan MAP yang terletak disepanjang selang induksi udara. Debu atau kotoran yang menempel pada permukaan sensor jelas akan mempengaruhi akurasi pembacaan sensor.

      Solusi dari masalah ini sekaligus pencegahan dari kerusakan sistem injeksi pada mesin, yakni dengan melakukan tune up mesin secara rutin. Yang paling penting, jaga kebersihan filter udara secara berkala dan jika kondisi filter sudah tidak memungkinkan untuk dibersihkan maka kita harus menggantinya dengan yang baru.

No comments:

Post a Comment